MUDAH! Cara Membuat Auto Reply Di Shopee 2023

  • Whatsapp
Cara Membuat Auto Reply di Shopee

Cara Membuat Auto Reply Di Shopee – Sebuah chat atau pesan merupakan sesuatu yang sangat penting, bagi seorang seller Shopee untuk diperlihatkan.

Pasalnya, aplikasi Shopee sendiri memiliki sebuah indikator performa chat, bagi setiap seller-nya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas, bagaimana cara membuat auto reply di Shopee agar pembeli merasa nyaman dan dapat menjaga performa chat.

Sebenarnya, Auto chat sendiri memang merupakan bagian fitur terpenting dari Shopee, dan sangat berguna sebagai robot asisten bagi para penjual.

Lantas, bagaimana cara membuat auto reply di Shopee tersebut? Dari pada Anda penasaran dan ingin cepat mengetahui cara membuatnya, simak selengkapnya di bawah ini!

Fitur Auto Reply Shopee

Fitur auto reply merupakan fitur atau bisa disebut asisten seller yang bisa membantu para seller untuk memaksimalkan performa toko khususnya dalam membalas pesan.

Auto Reply dapat mengirim pesan pada calon customer sekali dalam sehari dengan pesan yang terlebih dahulu sudah diatur. Selain itu, terdapat dua jenis pesan auto reply, yaitu standar auto-reply dan auto reply offline.

Cara Mengaktifkan Chat Otomatis di Shopee

Perlu Anda ketahui, bahwa ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari fitur auto-reply ini. Namun, bagaimana cara mengaktifkannya? Berikut ini adalah tutorial cara mengaktifkannya:

1. Standar Auto Reply

  • Langkah pertama, silahkan Login ke aplikasi Shopee, dengan menggunakan akun toko Anda
  • Kemudian, pilih Menu Asisten
  • Selanjutnya, masuk pada fitur Pengaturan Pesan
  • Setelah itu, geser tombol terima pesan dari halaman profil sampai warna hijau
  • Jika sudah, maka Aktifkan fitur auto-reply sampai berwarna hijau
  • Lalu, pilihlah pesan auto reply dan tulis pesan yang ingin menjadi template toko Anda. Pastikan, pesan yang Anda buat atraktif, informatif dan ramah.

2. Auto Reply Offline

Auto reply offline ini, sedikit berbeda dengan auto reply standar. Pasalnya, auto reply offline ini hanya bisa Anda aktifkan lewat Shopee Seller Centre saja.

Selain itu, fitur yang satu ini juga sangat berguna untuk mengirim balasan otomatis, di luar jam operasional toko Anda kepada para pembeli. Adapun caranya untuk mengaktifkan bisa Anda simak sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silahkan login ke akun Anda melalui Shopee Seller Centre
  • Nah, setelah Anda berhasil masuk, lalu klik kolom layanan pembel
  • Kemudian, pilih bagian Asisten Chat
  • Setelah itu, pilih dan aktifkan fitur Auto Reply Offline
  • Langkah berikutnya, silahkan ubah pesan Auto Reply Offline dengan pesan yang Anda inginkan.
  • Selanjutnya, simpan pesan yang telah Anda masukan
  • Jika sudah, pilih dan atur jam operasional toko milik Anda
  • Yang terakhir, silahkan pilih “Aktifkan” chat Auto Reply Offline.

3. Auto Reply untuk Toko Libur

Ternyata, selain dapat membantu asisten dalam keseharian, fitur auto chat tersebut juga bisa membantu Anda dalam memutuskan untuk meliburkan toko Anda.

Baca Juga : Contoh Kata Kata Auto Reply Shopee

Nantinya, Anda bisa memberikan sebuah pesan, yang berfungsi untuk menginformasikan bahwa toko Anda sedang libur untuk sementara.

Melalui Seller Centre

Cara mengaktifkan fitur toko yang sedang libur bisa melalui Seller Centre. Jika Anda masih bingung bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah sebagai berikut!

  • Pertama, pilih menu Pengaturan > kemudian pilih “Pengaturan Toko”
  • Nantinya, pada halaman pengaturan toko, pilihlah tab ” Pengaturan Dasar “
  • Setelah itu, Aktifkan menu ” Fitur Toko Libur “

Melalui Aplikasi Shopee

Apabila Anda ingin mengaktifkan fitur toko libur ini, bisa Anda lakukan melalui aplikasi Shopee. Berikut ini caranya, simak secara seksama!

  • Langkah pertama, pilih “Toko Saya” pada menu “Saya”
  • Setelah itu, pilih “Profil” dan “Pengaturan Toko”
  • Kemudian, pilihlah “Pengaturan Toko”.
  • Jika sudah, maka klik “Fitur Toko Libur”
  • Yang terakhir, pilih “Aktifkan”

Nah, setelah fitur toko libur Anda aktifkan, nantinya semua produk di halaman toko Anda tidak akan ditampilkan. Selain itu, produk Anda juga tidak akan muncul di halaman rekomendasi, tidak dapat diakses, dan tidak dapat dicari oleh pengguna lain.

Sehingga, para pembeli tidak bisa melakukan pesanan baru, karena tombol “beli sekarang” sudah Anda nonaktifkan. Namun, para pembeli tetap dapat membayar pesanan yang telah dibuat.

Akan tetapi, saat fitur toko libur memang sudah diaktifkan, maka para seller pun tetap wajib membalas permintaan pengembalian atau juga pembatalan yang para seller dapatkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuat auto reply di Shopee. Cara di atas sangatlah mudah dan bisa dicoba oleh siapapun. Jika Anda seller maka memanfaatkan fitur ini adalah wajib.

Related posts