Cara Verval TIK 2023, Operator Sekolah Wajib Cermat!

  • Whatsapp
Cara Verval TIK

Cara Verval TIK – Dalam rangka menghadapi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), Kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah menerbitkan sebuah aplikasi web baru.

Aplikasi web tersebut berfungsi untuk memastikan kepemilikan perangkat TIK, di sebuah satuan pendidikan. Ini digunakan sebagai data dasar dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM). Aplikasi web itu bernama Verval TIK, lalu bagaimana cara verval TIK?

Bagi para operator sekolah tentunya hal ini menjadi wajib diketahui. Mengingat hal ini merupakan bagian penting dari persiapan kegiatan asesmen. Nah, untuk lebih jelasnya sebelum Anda melakukan Verval TIK, maka simak dulu penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Verval TIK

Verval TIK atau Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah sebuah kegiatan memastikan kepemilikan perangkat TIK pada sebuah satuan pendidikan.

Hal tersebut memiliki bagian penting yang berfungsi sebagai data pelaksanaan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)

Selain itu, Informasi adanya kepemilikan perangkat TIK berfungsi sebagai pemetaan akan kesiapan semua satuan pendidikan melaksanakan AKM.

Dasar Hukum Verval TIK

Kegiatan Verval TIK diadakan bukan tanpa alasan dan tujuan yang jelas. Menjadi bagian penting dari persiapan kesiapan asesmen, tentu dilakukan karena adanya dasar yang jelas.

Baca Juga : Cara Membuat Jadwal Pelajaran Yang Menarik

Terlebih pihak sekolah tidak akan berani melakukan suatu kegiatan tanpa adanya dasar dan himbauan dari pemerintah. Untuk itu sebelum mengetahui cara verval TIK, Anda ada perlunya mengetahui dasar hukum TIK.

  1. Dasar hukum yang pertama adalah UUD RI Tahun 1945 Pasal 3
  2. Kedua adalah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yakni pada Pasal 57 dan Pasal 59 ayat 1
  3. Ketiga adalah Permendikbud No. 9 Tahun 2020 yakni tentang Perubahan Atas Permendikbud No. 45 Tahun 2019
  4. Terakhir adalah Permendikbud No. 79 Tahun 2015 yakni mengenai Data Pokok Pendidikan.

Cara Verval TIK Satuan Pendidikan

Setelah mengetahui Apa itu Verval TIK dan dasar hukumnya, menjadi pokok bahasan paling penting adalah cara melakukan verval TIK.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak tutorial yang ada di bawah ini!

  • Buka situs resmi verval TIK yakni vervaltik.data.kemdikbud.go.id
  • Pilihlah menu ‘Akun‘, kemudian klik ‘Login
  • Isi username
  • Isi password akun SDM-PDSPK, klik ‘Login
  • Setelah login, maka akan muncul kesiapan verval TIK satuan pendidikan, ada profil dan juga verval

Verval Tik

Tentang Menu Profil

Untuk mendapatkan informasi secara jelas dan detail, Anda perlu mencermati menu ‘Profil’. Pada menu ‘Profil’ ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, berikut lebih detailnya:

1. Data kesiapan TIK berasal dari hasil pengisian data yang ada pada submenu ‘Verval’
2. Penentuan 15 sekolah terdekat yang didasarkan perhitungan koordinat/diisi operator sekolah melalui VervalSP di laman vervalsp.data.kemdikbud.go.id dengan kualifikasi pelaksanaan AKM.
3. Status kesiapan TIK
4. Status kesiapan AKM

Untuk melakukan perbaikan pada menu ‘Profil’ silahkan Anda mengunduh laman vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Sebenarnya cara di atas cukup mudah, Anda hanya perlu ketelitian dan juga ketenangan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan data yang sesuai.

Tentang Menu Verval

Pada menu ‘Verval’ sendiri menyajikan berbagai macam informasi terkait verval, informasi tersebut adalah meliputi:

  1. Kesiapan TIK Sekolah
  2. Posisi Koordinat Sekolah
  3. Sekolah Terdekat
  4. Riwayat Perubahan

Klasifikasi Kesiapan TIK Satuan Pendidikan Untuk AKM

Kriteria kesiapan TIK dalam menentukan penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Satuan Pendidikan dibagi menjadi 4 kriteria. Berikut ini 4 kategori klasifikasinya:

Baca Juga : Cara Download Pakta Integritas  dan Daftar Hadir ANBK

1. Siap

Satuan pendidikan yang ada pada kategori Siap menyelenggarakan AKM, apabila sekolah tersebut:
UNBK Mandiri (Tahun Sebelumnya) atau Memiliki Laboratorium Komputer, atau Mendapatkan bantuan TIK tahun 2020.

2. Potensial 1

Jika satuan pendidikan masuk di kategori Potensial 1, maka sekolah tersebut sudah mempunyai minimal 15 komputer.

3. Potensial 2

Satuan pendidikan yang ada pada kategori ketiga ini yakni Potensial 2 adalah sekolah yang sudah mempunyai jaringan internet sekaligus aliran listrik.

4. Tidak Siap

Satuan pendidikan yang masuk di kategori Tidak Siap adalah satuan pendidikan yang tidak mempunyai fasilitas ataupun prasarana untuk mendukung terlaksananya AKM, mulai dari komputer, jaringan internet serta aliran listrik.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai verval TIK. Bagi operator sekolah hal di atas wajib diketahui dan juga cermat dalam melakukan verval. Hal ini kaitannya dengan kesuksesan kegiatan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM).

Related posts