Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel

  • Whatsapp
Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel_1

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel – Rumus VLOOKUP Excel merupakan salah satu rumus yang berfungsi untuk mengambil nilai dari spreadsheet lain berdasarkan kueri tertentu. Rumus VLOOKUP ini biasanya menjadi syarat penting ketika kamu melamar pekerjaan menjadi admin atau operator pada sebuah perusahaan.

Tentu saja dengan memakai rumus VLOOKUP ini akan mempermudah pekerjaan kamu sebagai pengepul data dan tinggalkan cara manual yang memakan banyak waktu.

Dikutip dari dailysocial, jika fungsi dari rumus VLOOKUP ini gunanya untuk mengambil nilai dari sebuah sel dan baris yang sama dari sebuah tabel. Memungkinkan kamu mengisi tabel berdasarkan pencarian tertentu.

Contoh dari penggunaan rumus VLOOKUP Excel adalah dapat mengkonversi rentang angka menjadi huruf. Kata V dalam VLOOKUP adalah akronim dari kata Vertikal. Istilah tersebut berdasarkan format dari tabel yang digunakan.

Cara Menggunakan VLOOKUP Microsoft Excel

Penulisan rumus VLOOKUP kurang lebih seperti:

=VLOOKUP(Lookup_value; Tabel_array; Col_index_numb; [RangeLookup])

Untuk mengetahui lebih lanjut dari fungsi VLOOKUP berikut penjelasannya:

  1. Lookup_value: Nilai yang akan dicari di kolom pertama dari sebuah tabel, atau bisa juga dari kolom paling kanan dari Table_Array. Dapat berupa angka, teks, tanggal atau nilai tertentu, bisa juga hasil dari nilai yang dihasilkan rumus lainnya.
  2. Table_array: Tabel referensi data yang terdiri dari 2 kolom atau lebih. Kolom pertama pada tabel ini adalah Lookup_value tadi.
  3. Col_index_num: Nomor dari kolom Table_array yang berisi nilai dan akan di ambil nilai yang sebaris dengan Lookup_value di kolom pertama.
  4. RangeLookup: Hanya dapat diisi dengan nilai TRUE atau FALSE. Isian ini akan merujuk pada tipe pencarian, nilai ini dapat digunakan sebagai acuan untuk menetapkan pencarian yang sama persis atau cukup dengan nilai yang mendekati.
    • TRUE: Perintah untuk menetapkan nilai yang di cari pada tabel referensi. Jika nilai yang sama tidak ditemukan maka nilai yang mendekati dari nilai yang di cari akan muncul.
    • FALSE: Perintah untuk menetapkan nilai yang di cari dan bersifat mutlak. Jika nilai tidak ditemukan maka VLOOKUP akan menampilkan pesan error #NA.

Contoh Gambar Penggunaan Rumus VLOOKUP Microsoft Excel

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel_1
Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel_1

Jika kamu masih bingung, kamu bisa melihat beberapa gambar di bawah ini:

  • Masukkan =VLOOKUP( di kolom Gaji Tabel B
  • Pilih kolom Golongan karyawan yang akan diisi gaji lalu tambahkan ;. Kemudian pada kolom H2 akan menampilkan rumus VLOOKUP menjadi =VLOOKUP(G2;
  • Pilih deretan data yang terdapat pada tabel A
  • Selipkan tanda $, jika sudah drag ke bawah dan beri tanda akhir ;. Tampilan rumus menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;.
  • Tambah angka 2 dan ; sehingga menjadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$C$4;2;. Karena yang akan dicari adalah gaji di kolom 2 pada tabel A.
  • Tutup rumus dengan FALSE dan ) lalu tekan enter. Rumus akan menjadi =VLOOKUP(G2;$4$2:$C$4;2;FALSE).

Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel_1
Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Excel_1

Sumber referensi dailysocial.id

Related posts